Selasa, 08 Desember 2015

Pengertian Kondisi Fisik Manfaat Definisi Faktor yang Mempengaruhi Dalam Permainan Sepak Bola

Pengertian Kondisi Fisik adalah - Kondisi fisik merupakan unsur yang penting dan menjadi dasar dalam mengembangkan teknik, taktik, maupun strategi dalam bermain sepakbola. Menurut Mochamad Sajoto (1988: 57), kondisi fisik adalah salah satu persyaratan yang sangat diperlukan dalam usaha peningkatan prestasi seorang atlet, bahkan sebagai landasan titik tolak suatu awalan olahraga prestasi.

Definisi Kondisi Fisik Menurut Para Ahli

Menurut Sugiyanto (1996: 221), kemampuan fisik adalah kemampuan memfungsikan organ-organ tubuh dalam melakukan aktivitas fisik. Kemampuan fisik sangat penting untuk mendukung mengembangkan aktifitas psikomotor. Gerakan yang terampil dapat dilakukan apabila kemampuan fisiknya memadai. Menurut Mochamad Sajoto (1995: 8-9), kondisi fisik adalah satu kesatuan utuh dari komponen-komponen yang tidak dapat dipisahkan begitu saja, baik peningkatan maupun pemeliharaan. Artinya bahwa di dalam usaha peningkatan kondisi fisik maka seluruh komponen tersebut harus berkembang.

Status kondisi fisik dapat mencapai titik optimal jika memulai latihan sejak usia dini dan dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan dengan berpedoman pada prinsip-prinsip dasar latihan. Status kondisi fisik seseorang dapat diketahui dengan cara penilaian yang berbentuk tes kemampuan. Tes ini dapat  dilakukan  di  dalam  labratorium  dan  di  lapangan.  Meskipun  tes     yang dilakukan di laboratorium memerlukan alat-alat yang mahal, tetapi kedua tes tersebut hendaknya dilakukan agar hasil penilaian benar-benar objektif.

Kondisi fisik dapat mencapai titik optimal jika latihan dimulai sejak usia dini dan dilakukan secara terus menerus. Karena untuk mengembangkan kondisi fisik bukan merupakan pekerjaan yang mudah, harus mempunyai pelatih fisik yang mempunyai kualifikasi tertentu sehingga mampu membina pengembangan fisik atlet secara menyeluruh tanpa menimbulkan efek di kemudian hari. Kondisi fisik yang baik mempunyai beberapa keuntungan, di antaranya mampu dan mudah mempelajari keterampilan yang relatif sulit, tidak mudah lelah saat mengikuti latihan maupun pertandingan, program latihan dapat diselesaikan tanpa mempunyai banyak kendala serta dapat menyelesaikan latihan berat. Kondisi fisik sangat diperlukan oleh seorang atlet, karena tanpa didukung oleh kondisi fisik prima maka pencapaian prestasi puncak akan mengalami banyak kendala, dan mustahil dapat berprestasi tinggi.

Komponen Kondisi Fisik

Kondisi fisik adalah salah satu kesatuan utuh dari komponen- komponen yang tidak dapat dipisahkan begitu saja, baik peningkatan maupun pemeliharaannya. Artinya, bahwa didalam usaha peningkatan kondisi fisik maka seluruh komponen tersebut harus dikembangkan. Menurut Mochamad Sajoto (1988: 57), bahwa komponen kondisi fisik meliputi:
  1. Kekuatan (strength), adalah komponen kondisi fisik seseorang tentang kemampuanya dalam mempergunakan otot untuk menerima beban sewaktu bekerja.
  2. Daya tahan ada 2 dua macam, yaitu:
    • Daya tahan umum yaitu kemampuan seseorang dalam mempergunakan sistem jantung, paru-paru dan peredaran darahnya secara efektif dan efisien.
    • Daya tahan umum yaitu kemampuan seseorang dalam mempergunakan sistem jantung, paru-paru dan peredaran darahnya secara efektif dan efisien.
  3. Kekuatan otot adalah kemampuan seseorang dalam mempergunakan kekuatan maksimum yang digunakan dalam waktu yang sesingkat singkatnya
  4.  Kecepatan adalah kemampuan seseorang untuk mngerjakan gerakan keseimbangan dalam bentuk yang sama dalam waktu yang sesingkat singkatnya
  5. Daya lentur adalah efektivitas seseorang dalam penyelesaian diri untuk segala aktivitas dengan penguuran tubuh yang luas
  6. Kelincahan adalah kemampuan mengubah posisi diarea tertentu
  7. Koordinasi adalah kemampuan seseorang melakukan bermacam- macam gerakan yang berbeda ke dalam pola gerakan tunggal secara efektif.
  8. Keseimbangan adalah kemampuan tubuh untuk mempertahankan  posisi, dalam bermacam-macam gerakan
  9. Ketepatan adalah kemampuan seseorang untuk mengendalikan gerakan bebas terhadap sasaran
  10. Reaksi adalah kemampuan seseorang untuk segera bertindak secepatnya dalam menggapai rangsangan yang ditimbulkan melalui indera, saraf atau feeling lainya. Seperti dalam mengantisipasi datangnya bola yang harus ditangkap dan lain-lain.


Daya tahan otot adalah kemampuan seseorang dalam mempergunakan ototnya untuk berkontraksi secara terus menerus dalam waktu yang relatif lama dengan beban tertentu.

Manfaat Kondisi Fisik

Dalam kegiatan olahraga, kondisi fisik seseorang akan sangat mempengaruhi bahkan menentukan gerak penampilannya. Menurut Harsono (1988: 153), dengan kondisi fisik yang baik akan berpengaruh terhadap fungsi dan sistem organisasi tubuh, di antaranya:
  1. Akan ada peningkatan dalam kemampuan sistem sirkulasi dan kerja jantung.
  2. Akan ada peningkatan dalam kekuatan, kelentukan, stamina, dan komponen kondisi fisik lainya.
  3. Akan ada ekonomi gerak yang lebih baik pada waktu lainya.
  4. Akan ada pemulihan yang lebih cepat dalam organisme tubuh kita apabila sewaktu-waktu respon diperlukan.

Apabila kelima keadaan di atas kurang atau tidak tercapai setelah diberi latihan kondisi fisik tertentu, maka hal itu dapat dikatakan bahwa perencanan, sistematika, metode, serta pelaksanaanya kurang tepat.

Pengertian Kondisi Fisik dalam sepak bola

Faktor faktor yang Mempengaruhi Kondisi Fisik

Dalam Depdiknas (2000: 8-10), komponen kondisi fisik adalah satu kesatuan utuh dari komponen kesegaran jasmani. Jadi, faktor-faktor yang mempengaruhi kesegaran jasmani juga mempengaruhi kondisi fisik seseorang. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi fisik adalah:
1)    Umur
Setiap tingkatan umur mempunyai keuntungan sendiri. Kebugaran jasmani juga daat ditingkatkan pada hampir semua usia. Pada daya tahan cardiovaskuler ditemukan sejak usia anak anak sampai sekitar umur 20 tahun, daya tahan cardiovascular akan meningkat dan akan mencapai maksimal pada usia 20-30 tahun. Daya tahan tersebut akan makin menurun sejalan dengan bertambahnya usia, tetapi penurunan tersebut dapat berkurang apabila seseorang melakukan kegiatan olahraga secara teratur.

2)    Jenis Kelamin
Kebugaran jasmani antara pria dan wanita berbeda karena adanya perbedaan ukuran tubuh yang terjadi setelah masa pubertas. Daya tahan kardiovaskuler pada usia anak-anak antara pria dan wanita tidak berbeda, tetapi setelah masa pubertas terdapat perbedaan, karena wanita memiliki jaringan lemak yang lebih banyak dan kadar hemoglobin yang lebih rendah dibanding dengan pria.

3)    Genetik
Daya tahan cardiovasculer dipengaruhi oleh faktor genetik yakni sifat- sifat yang ada dalam tubuh seseorang dari sejak lahir.

4)    Kegiatan Fisik
Kegiatan fisik sangat mempengaruhi semua komponen kesegeran jasmani, latihan bersifat aerobik yang dilakukan secara teratur akan meningkatkan daya tahan cardiovaskuler dan dapat mengurangi lemak tubuh. Dengan melakukan kegiatan fisik yang baik dan benar berarti tubuh dipacu untuk menjalankan fungsinya.

5)    Kebiasan merokok
Kebiasaan merokok terutama berpengaruh terhadap daya tahan cardiovasculer. Pada asap tembakau terdapat 4% karbon monoksida (CO). Daya ikat CO pada hemoglobin sebesar 200-300 kali lebih kuat dari pada oksigen.

6)    Faktor Lain
Faktor lain yang berpengaruh di antaranya suhu tubuh. Kontraksi otot akan lebih kuat dan cepat biar suhu otot sedikit lebih tinggi dari suhu normal tubuh. Suhu yang lebih rendah akan menurunkan kekuatan dan kecepatan kontraksi otot.

Lebih lanjut menurut Djoko Pekik Irianto, (2004: 9) faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi fisik adalah sebagai berikut:
1)    Makanan dan Gizi
Gizi adalah satuan-satuan yang menyusun bahan makanan atau bahan- bahan dasar. Sedangkan bahan makanan adalah suatu yang dibeli, dimasak, dan disajikan sebagai hidangan untuk dikonsumsi. Makanan dan gizi sangat diperlukan bagi tubuh untuk proses pertumbuhan, pengertian sel tubuh yang rusak, untuk mempertahankan kondisi tubuh dan untuk menunjang aktivitas fisik. Kebutuhan gizi tiap orang dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu: berat ringannya aktivitas, usia, jenis kelamin, dan faktor kondisi. Ada 6 unsur zat gizi yang mutlak dibutuhkan oleh tubuh manusia, yaitu: karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air.

2)    Faktor Tidur dan Istirahat
Tubuh manusia tersusun atas organ, jaringan dan sel yang memiliki kemampuan kerja terbatas. Seseorang tidak mungkin mampu bekerja terus menerus sepanjang hari tanpa berhenti. Kelelahan adalah salah satu indikator keterbatasan fungsi tubuh manusia. Untuk itu istirahat sangat diperlukan agar tubuh memiliki kesempatan melakukan pemulihan sehingga dapat aktivitas sehari-hari dengan nyaman.

3)    Faktor Kebiasaan Hidup Sehat
Agar kesegaran jasmani tetap terjaga, maka tidak akan terlepas dari  pola hidup sehat yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan cara:
  • Membiasakan memakan makanan yang bersih dan bernilai gizi (empat sehat lima sempurna).
  • Selalu menjaga kebersihan pribadi seperti: mandi dengan air bersih, menggosok gigi secara teratur, kebersihan rambut, kulit, dan sebagainya.
  • Istirahat yang cukup.
  • Menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, minuman beralkohol, obat-obatan terlarang dan sebagainya.
  • Menghindari kebiasaan minum obat, kecuali atas anjuran dokter.

4)    Faktor Lingkungan
Lingkungan adalah tempat di mana seseorang tinggal dalam waktu lama. Dalam hal ini tentunya menyangkut lingkungan fisik serta sosial ekonomi. Kondisi lingkungan, pekerjaan, kebiasaan hidup    sehari-hari, keadaan ekonomi. Semua ini akan dapat berpengaruh terhadap kesegaran jasmani seseorang.

5)    Faktor Latihan dan Olahraga
Faktor latihan dan olahraga punya pengaruh yang besar terhadap peningkatan kesegaran jasmani seseorang. Seseorang yang secara teratur berlatih sesuai dengan keperluannya dan memperoleh kesegaran jasmani dari padanya disebut terlatih. Sebaliknya, seseorang yang membiarkan ototnya lemas tergantung dan berada dalam kondisi fisik yang buruk disebut tak terlatih.Berolahraga adalah alternatif paling efektif dan aman untuk memperoleh kebugaran, sebab olahraga mempunyai multi manfaat baik manfaat fisik, psikis, maupun manfaat sosial.

Berdasarkan pendapat para ahli di atas, maka dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi fisik antara lain; makanan dan gizi, faktor tidur dan istirahat, faktor kebiasaan hidup sehat, faktor lingkungan, faktor lingkungan dan olahraga, dan lain-lain. Jadi, agar mempunyai kemampuan kondisi fisik yang baik, seseorang harus memperhatikan beberapa faktor tersebut.

Daftar Pustaka Makalah Kondisi Fisik dalam Permainan Sepak Bola
Sajoto. (1988). Pembinaan Kondisi fisik dalam olahraga. Jakarta: Depdikbud.

Sugiyanto. (1996). Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Guru dan Tenaga Teknis Bagian Penataran Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan SD Setara D II.

Harsono. (1988). Panduan Kepelatihan. Jakarta: KONI.

Depdiknas.  (2000).  Pedoman  dan  Modul  Pelatihan  Kesehatan  Olahraga Bagi Pelatih Olahraga Pelajar. Jakarta.

Djoko Pekik Irianto. 2004. Bugar dan Sehat dengan Berolahraga. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Pengertian Kondisi Fisik Manfaat Definisi Faktor yang Mempengaruhi Dalam Permainan Sepak Bola Rating: 4.5 Posted By: Daud Royyan, M.Pd

21 komentar:

  1. PROMO NEW MEMBER 20%

    Agen Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg sediakan jasa layanan guna pembukaan akun permainan judi atau taruhan online untuk anda di perwakilan judi online yg bertaraf International, benar dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Yang Merupakan Delegasi Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn perseroan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man pada beroperasi juga sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://bolazeus.net/2018/07/23/panduan-cara-bermain-roulette-di-situs-judi-online/
    https://bolazeus.net/2018/07/24/ciri-ciri-poker-online-terpercaya-2018/
    https://bolazeus.net/2018/07/25/beberapa-ciri-situs-judi-poker-online-terpercaya/

    Ayo daftar sekarang di bolazeus.net

    BalasHapus
  2. JUDI ONLINE DEPOSIT PAKAI PULSA!

    Agen Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg menyediakan jasa layanan bagi pembukaan akun permainan judi atau taruhan online buat kamu di cabang judi online yg bertingkat International, benar dan terpercaya hanya di agen bola.

    Yang Merupakan Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man bagi beroperasi juga sebagai juru taruhan olahraga di dunia.

    main judi deposit pakai pulsa

    Daftar sekarang hanya di Zeusbola.biz

    BalasHapus
  3. BONUS FREECHIP HARIAN!

    CemePoker ialah agen Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yg sediakan berbagai banyak game bersama 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sebagai agen judi poker bersama rating win tertinggi.
    Cemepoker menjamin 100% keamanan separo membernya tambah pemain Poker abdi dijamin 100% Player VS Player.
    jangan sampai sembarangan nantikan pahala menarik tiap-tiap bulannya dan bunga referal seusia hidup

    Baca juga :

    https://www.pokerceme.org/panduan-deposit-dan-withdraw-pada-situs-poker-online/
    https://www.pokerceme.org/cara-membaca-kartu-lawan-dengan-mudah-pada-poker-online/


    Ayo sekarang di www.cemesamgong.com

    BalasHapus
  4. mantap infonya kak,memberi wawasan baru
    EMI

    BalasHapus
  5. Situs Resmi Daftar S128 Sabung Ayam Online Menerima Deposit OVO, ATM , dan Pulsa Dengan Rate Tertinggi !

    Daftar Sabung Ayam Online S128 Live Streaming KLIK DISINI

    Whatsapp Zeusbola


    Link Alternatif ZEUSBOLA : http://www.bolazeus.com/

    BalasHapus
  6. S128Cash merupakan sebuah Situs Bandar Judi Online Terpopuler di tahin 2019.
    Situs ini sendiri juga sudah berdiri sangat lama dan menyediakan semua permainan yang diminati para bettor Indonesia.
    Kali ini S128Cash hadir dengan memberikan berbagai macam PROMO BONUS seperti :
    - BONUS NEW MEMBER 10%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
    - BONUS CASHBACK 10%
    - BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !! ( Sabung Ayam Online )

    Jadi untuk Anda semua yang mencari Situs Judi Online Terpercaya, disinilah tempatnya.
    Kami tunggu kedatangan Anda ya.. dan jangan lupa ajak teman-teman Anda.
    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami melalui :
    - Livechat : S128Cash
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.org

    Ayam Sabung

    Daftar S128

    BalasHapus
  7. Memang susah mencari situs Poker pulsa yang terbaik ditambah lagi bettor tidak punya pengalaman atau riwayat bermain judi online. Judi online begitu luas jaringannya, hingga masyarakat sulit menentukan mana situs palsu dan resmi. Kalaupun kalian masuk bersama sebuah perantara poker maka belum pasti memiliki kualitas terbaik.

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan

    * Situs Poker Pulsa Dengan Standart Judi Internasional
    * Kontak PokerAyam
    * Link Alternatif Pokerayam

    HUBUNGI KAMI:
    http://165.22.51.220/
    WA : 0812-2222-1680
    LINE : POKERAYAM

    BalasHapus
  8. Daftar Judi Online Deposit Pulsa , Ovo , Gopay , Linkaja , Dana , Paypro

    Hanya 1 Akun Permainan Dapat Mengakses Seluruh Permainan Yang Tersedia

    Daftarkan Teman Anda Bersama Bandar http://104.248.148.252/ , Dapatkan Bonus REFERRAL.

    Keamanan & Kenyamanan Member Merupakan PRIORITAS UTAMA KAMI, Berapapun Kemenangan Anda Akan Dibayar Tuntas!

    Anda MENANG, Kami SENANG BOSSS

    Segara Daftar Bandar Judi Online Deposit Pulsa Tanpa Potongan Di ZEUSBOLA.WIN, Untuk PENDAFTARAN SEGARA KLIK DISINI

    Baca Juga :
    Artikel Judi Online Terpercaya
    Bandar Judi Deposit Pulsa

    Contact Person us :
    Live Chat Zeus Bola : http://bit.ly/KLIKDISINISEKARANGJUGA
    Whatsapp : wa.me/6281333555996
    Telegram : t.me/zeusbola

    #zeusboladepositviapulsa
    #SitusJudiOnlineDepositPulsaTanpaPotongan

    BalasHapus
  9. Permainan Togel Online Paling Aman dan Terpercaya..
    Dapatkan Angka Jitu Dengan Bermain Bersama Kami..Diskon Hingga 65% Bos!!

    Info prediksi togel SGP juga ada...
    dari mbah yang berpengalaman

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    BalasHapus
  10. Ayo Daftarkan Dirimu Di Zeus Bola dan Rasakan Pengalaman Bermain Game Online menggunakan uang asli bersama Zeus Bola

    Situs Slot Pulsa

    Situs Poker Pulsa

    Agen Joker Pulsa

    Agen Togel Pulsa

    Agen Sbobet Pulsa

    BalasHapus
  11. Butuh Hiburan? Butuh Refreshing??
    Yuk Mainkan Live Casino bersama Winning303..
    Dapatkan Bonus New member 20% buat kamu yang baru Join bersama kami di Winning303

    Ayo Gabung Dengan Kami...Gratiss!!

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Poker
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Hubungi Kami di :
    Customer Service 24 Jam
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  12. ZeusBola - Situs Permainan Game Online
    Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Bisa Deposit via DANA, OVO, LINKAJA, JENIUS
    Yuk Gabung Dan Main Terus
    Claim Bonus Kenaikan Levelnya
    Pendaftaran : http://zeusbola.me

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 081333555996

    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

    BalasHapus
  13. ZeusBola - Situs Sabung Ayam Deposit Terpercaya
    Menerima Deposit via E-money dan Pulsa Tanpa Potongan
    (OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun Hingga 5jt
    Pendaftaran : http://zeusbola1.com

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Daftar S128 Menggunakan Bank BTPN Jenius

    BalasHapus
  14. ZeusBola - Agen IDN Daftar Dengan BTPN Jenius
    Bisa Deposit Dari Emoney dan Pulsa Tanpa Potongan
    OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS
    Dapatkan Bonus New Member 15%
    Pendaftaran : http://zeusbola1.com

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Daftar S128 Menggunakan Bank BTPN Jenius

    BalasHapus
  15. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    BANDAR TOGEL TERPERCAYA MBO128 FREE ANGPAO

    MBO128 sebagai situs togel online terbaik akan memfasilitasi anda untuk bermain dan daftar togel online.

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    https://mbo128.com/register

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    BalasHapus
  16. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Game Poker Online Pulsa Judi Terpopuler Di Indonesia 2021

    Agen DominoQQ Online Tepercaya 2021

    BalasHapus
  17. Video : HIIT Latihan Fisik yang paling mempengaruhi perkembangan pemain sepak bola..

    BalasHapus
  18. SITUS JUDI SABUNG AYAM ONLINE TERBARU INDONESIA

    CLUB388CASH adalah situs judi casino online terpercaya 2021 yang sudah sangat diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

    Menerima Deposit Via Pulsa Tanpa POTONGAN!

    Dengan jumlah deposit yang terjangkau sudah bisa memainkan semua permainan yang tersedia.
    Minimal Deposit Rp.10.000,-
    Minimal Withdraw Rp.50.000.-

    Yuk Buruan Join Sekarang Bersama Kami Di CLUB388CASH Situs Judi Slot Online Indonesia Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Mendapatkan JACKPOT!

    Join bersama kami sekarang juga di CLUB388CASH
    Bonus New Member 10%
    Bonus Harian 5%

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR JUDI SLOT ONLINE

    KONTAK :
    WhastApp: 0819-1005-3031

    Judi Slot Online Club388
    Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Poker Online
    Situs Poker Online
    Situs Poker Deposit Pulsa

    BalasHapus
  19. Kami hadir untuk kalian semua yang ingin bermain game online 1 USER ID bisa bermain di banyak game yang kami sediakan dan juga sangat mudah di akses, dan tidak perlu untuk memindahkan coin jika mau bermain di game lainnya

    Bonus harian 10% untuk permainan slot online yang bisa kalian dapatkan hanya di agen kami, daftarkan diri kalian sekarang juga dan dapatkan bonusnya hanya di agen kami sekarang juga.

    KONTAK :
    WA : 081-2222-995
    LINE : cs_bolavita
    TELEGRAM : @bolavitacc

    https://linktr.ee/BVGaming30

    BalasHapus