Senin, 07 Desember 2015

Pengertian Permainan Target Jenis dan Contoh Materi Bermain Target Dalam Bola Basket

Pengertian Permainan    target    adalah    permainan    dimana    pemain    akan mendapatkan skor  apabila  bola  atau  proyektil lain  yang sejenis dilempar atau dipukul dengan terarah mengenai sasaran yang telah ditentukan dan semakin sedikit pukulan menuju sasaran semakin baik.


Definisi Permainan target adalah salah satu klasifikasi dari bentuk  permainan dalam pendekatan TgfU (pembelajaran pendekatan taktik) yang memfokuskan pada aktivitas permainan yang membutuhkan kecermatan, akurasi yang tinggi dalam memperoleh nilai. Memurut Mitchelll, Oslin, dan Grifin (2003:7-8) permainan target adalah permainna dimana pemain akan mendapatkan skor apabila bola atau proyektil lain sejenis baik dilempar atau dipukul dengan terarah mencapai sasasran yang sudah ditentuka dan semakin sedikit untuk menuju pukulan/ perlakuan menuju sasaran semakin baik.

Permainan ini sebenarnya menjadi dasar bagi permainan-permainan yang lain, karena hampir setiap permainan memiliki target atau goal yang dijadikan sasarannya. Misalnya, permainan bolabasket, sepakbola dan sebagainya memiliki sasaran yang bermacam-macam.

Bentuk Jenis Permainan Target yang Biasa Dilakukan

misalnya panahan, golf, bowling, billiars, snooker dengan berbagai modifikasinya. Dalam permainan golf, golf adalah permainan luar ruang yang dimainkan secara perorangan atau tim yang berlomba memasukkan bola ke dalam lubang-lubang yang ada di lapangan dengan jumlah pukulan tersedikit mungkin.

Dalam permainan target para siswa didorong mengembangkan kesadaran taktikal dan kemampuan pembuatan keputusan manakala hal ini menjadi orientasi utama dalam pengajaran. Kesadaran taktikal adalah prasyarat untuk kemampuan penampilan, tetapi pada saat bersamaan para siswa harus menampilkan baik pengetahuan maupun keterampilan untuk melakukan permainan dengan sebaik-baiknya.

Dalam beberapa jenis permainan (termasuk di dalamnya permainan invasi) ada beberapa jenis aktivitas yang jika diamati akan menyerupai permainan target, misalnya dalam tes bola voli ada sasaran yang dinilai. Pada saat bermain bolavoli pemain yang akan melakukan service akan menarahkan bola ke pemain yang dinilai mempunyai kemampuan passing yang buruk. Sedangkan pada permainan bolabasket pemain melakukan shooting ataupun melakukan free throw untuk memasukan bola ke dalam ring, sehingga dapat dikatakan bahwa dalam permainan invasi terdapat aktivitas bermain target.

Dalam permainan bolabasket terdapat unsur bermain target yaitu harus memasukan bola ke dalam target yaitu ring basket. Dengan adanya unsur permainan target, permainan bolabasket akan sangat baik diajarkan saat latihan maupun saat ekstrakurikuler di sekolah. Keuntungan lainnya adalah target bisa diganti ataupun dimodifikasi sendiri sesuai dengan keinginkan. Dengan memodifikasi terget yang berbeda akan menjadikan siswa tidak merasa bosan dalam melakukannya, serta akan efisien dalam waktu karena target bisa dibuat banyak dan siswa tidak jenuh dalam menunggu   untuk   melakukan   kesempatan.   Tetapi   dalam   melakukan bermain modifikasi permainan terget ini siswa tetap menggunakan   teknik shooting yang benar saat membak ke sasaran yang telak ditentukan.

Beberapa contoh materi bermain target yang bisa disajikan dalam latihan antara lain :

1)

Permainan Target

Gambar : Bermain golf dengan sasaran botol

Dalam permainan ini siswa harus menjatuhkan satu botol yang menjadi target. Dalam usaha menjatuhkan botol, siswa diharapkan menjatuhkan botol dengan kesempatan seminimal mungkin.

2)

Gambar : Memasukan karet kedalam sasaran


Dalam permainan kedua ini siswa diharapkan bisa memasukkan gelang karet kedalam paku atau sasaran yang telah disediakan  dengan jarak melempar sejauh 1 meter dari sasaran.

3)

Pengertian Permainan Target

Gambar  : Menjatuhkan botol dengan bola kasti


Pada permainan ketiga ini siswa melakukan permain bowling dengan sasaran berupa botol dan bola yang digunakan adalah bola kasti.Siswa diharapkan bisa menjatuhkan botol dengan kesempatan melempar sebanyak lima kali.

4)

Gambar  :Menjatuhkan botol dengan menggunakan freesbee

Seperti permainan ketiga, namun kali ini siswa  melakukan  permain bowling dengan fresbe sebagai penganti bola untuk menjatuhkan botol. Siswa diharapkan bisa menjatuhkan botol dengan kesempatan melempar sebanyak lima kali.

5)

Gambar  :Shooting ke sasaran angka

Dalam permainan ini siswa diberikan kesempatan shooting sebanyak 5 kali dan diharapkan mampu mengumpulkan poin sebanyak- banyaknya.Poin maksimal yang dapat diperoleh adalah 15 poin.

6)

Gambar :Shooting ke sasaran angka

Dalam     permainan    ini    siswa    diberikan    kesempatan    shooting sebanyak 5 kali dan diharapkan mampu mengumpulkan poin 10.


Daftar Pustaka Makalah Permainan Target 

Mitchell, S.A., Oslin, J., dan Griffin, L. (2003).Sport Foundation for   Elementary Physical  Education  :  A  Tactical  Games  Appoach.  Champaign: Human Kinetics.

Pengertian Permainan Target Jenis dan Contoh Materi Bermain Target Dalam Bola Basket Rating: 4.5 Posted By: Daud Royyan, M.Pd

0 komentar:

Posting Komentar