Rabu, 09 Desember 2015

Karakteristik Mahasiswa Prodi PGSD Pendidikan Jasmani

Karakteristik mahasiswa Prodi PGSD Pendidikan Jasmani - Mahasiswa adalah peserta didik yang terdaftar dalam salah satu program studi yang ada di universitas.  Program Studi adalah satuan pelaksana akademik yang menyelenggarakan pendidikan akademik atau professional dalam sebagian atau satu cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni tertentu. Jadi Mahasiswa PGSD Pendidikan Jasmani adalah peserta didik yang terdaftar dalam program studi PGSD Pendidikan Jasmani.


Berdasarkan jalur penerimaan mahasiswa, maka mahasiswa PGSD   Pendidikan  Jasmani   terdiri  dari  2   macam,   yaitu  mahasiswa bersubsidi dan mahasiswa swadana. Mahasiswa bersubsidi adalah mahasiswa yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Penelusuran Bibit Unggul (PBU) atau sekarang dikenal dengan jalur undangan dan ujian tulis. Mahasiswa Swadana adalah mahasiswa yang diterima melalui jalur Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD) yang mulai tahun 2011 tidak dibuka dan Seleksi Mandiri (SM).

Perbedaan karakteristik mahasiswa PGSD Pendidikan Jasmani melalui daya tampung jalur masuk menjadi acuan untuk pembagian kelas program studi PGSD Pendidikan Jasmani. Untuk mahasiswa PGSD Pendidikan Jasmani bersubsidi berdaya tampung 1 kelas, yaitu kelas A sedangkan untuk mahasiswa PGSD Pendidikan Jasmani swadana berdaya tampung 1 kelas, yaitu kelas B. Kelas swadana berada di kampus wates. Adapun untuk tiap tahunnya masing-masing menempuh kurikulum yang sama tiap semesternya.

Mahasiswa Prodi PGSD Pendidikan Jasmani secara tidak langsung merupakan mahasiswa yang mengalami kompetisi persaingan yang lebih ketat dibandingkan dengan mahasiswa Swadana. Hal ini karena jumlah kelas yang tersedia jauh lebih sedikit tetapi jalur masuk yang digunakan hampir sama. Dengan demikian, diharapkan kualitas dan kapasitas mahasiswa Prodi PGSD Pendidikan Jasmani jauh lebih baik.

Karakteristik Mahasiswa Prodi PGSD

Melihat dari pengertian program studi maka mahasiswa PGSD Pendidikan   Jasmani   mempunyai  orientasi   menjadi  guru  pendidikan jasmani di Sekolah Dasar. Adapun harapan dari Fakultas Ilmu Keolahragaan khususnya Program Studi PGSD Pendidikan Jasmani terhadap mahasiswa adalah kemampuan akademik dan atau profesional dalam bidang pendidikan jasmani sekolah dasar. Kemampuan pedagogis yang mampu memadukan penguasaan bidang keguruan, ilmu olahraga, ilmu pendidikan, kepribadian dan kemampuan sosial dalam melaksanakan fungsi pendidikan dan pembelajaran (Kurikulum PGSD Pendidikan Jasmani, 2009:7).

Semua harapan program studi PGSD Pendidikan Jasmani yang tertuang dalam kompetensi lulusan PGSD Pendidikan Jasmani kurikulum 2009, secara langsung ataupun tidak langsung tersirat dalam mata kuliah Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Karena pada 2 mata kuliah ini, mahasiswa PGSD Pendidikan Jasmani mengimplementasikan keilmuan dan keahlian yang telah didapat dan diasah selama menempuh kuliah enam semester. Mahasiswa PGSD Pendidikan Jasmani yang akan menempuh mata kuliah KKN dan PPL akan mengimplementasikan secara nyata empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru dengan kata lain telah memiliki kemampuan hards skills maupun soft skills yang baik.



Daftar Pustaka Makalah Karakteristik mahasiswa Prodi PGSD Pendidikan Jasmani

Karakteristik Mahasiswa Prodi PGSD Pendidikan Jasmani Rating: 4.5 Posted By: Daud Royyan, M.Pd

3 komentar:

  1. JAGODOMINO Agen poker Online Terpercaya dan terbaik di Indonesia

    *Minimal Deposit Hanya Rp 15.000
    *Minimal Withdraw Hanya Rp 30.000
    *Proses Deposit & Withdraw Super Cepat & aman
    *Dilayani Oleh CS yang Profesional dan Ramah 24 Jam
    *Player Vs Player Dijamin 100% (Tanpa Robot)

    *=================[BIG PROMO]=================*

    *Bonus CASHBACK 0.2%-0.5% [SETIAP HARI]
    *Bonus REFERENSI 20% [SEUMUR HIDUP]

    info selanjutnya silahkan hubungi CS 24 jam yang siap melayani anda...
    WA: +855717086677
    BBM: jago288

    Untuk pendaftaran Langsung Kunjungi Link Resmi Kami

    BalasHapus

  2. ☞ DAIHATSU ALYA 1.0 D MANUAL
    ☞ Yamaha AEROX 155 WA
    ☞ ACER PREDATOR NITRO 5 AN5
    ☞ Free Chips 1.500.000
    ☞ Free Chips 1.000.000
    ☞ Free Chips 250.000

    SYARAT DAN KETENTUAN : ITUDEWA

    BUKTI PEMENANG PROMO GEBYAR ITUDEWA PERIODE SEBELUMNYA

    DAFTARKAN DIRI ANDA SEGERA : DAFTAR ITUDEWA
    PUSAT BANTUAN ITU DEWA : KLIK DISINI

    Facebook : ituDewa Club
    Line: ituDewa
    WeChat : OfficialituDewa
    Telp / WA : +85561809401
    Livechat : ItuDewa Livechat

    BalasHapus