Selasa, 08 Desember 2015

Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Siswa kelas 3 4 5 dan 6 Usia 10 sampai 12 Tahun

Karakteristik Siswa Sekolah Dasar - Siswa kelas III, IV dan V adalah siswa dengan rentang umur 8-11 tahun atau lebih adalah tahap operasi konkrit.Ciri perkembangannya memakai atauran jelas atau logis adan reversible dan kekebalan. Dengan memperhatikan karakteristik kognitif siswa kelas III Dekolah Dasar dengan segala aspek dimensi perkembangannya, maka diharapkan system pengajaran yang dikembangkan mampu melayani kebutuhan belajar yang bermakna bagi siswa. melalui penyampaian materi pelajaran dengan baik, sehingga siswa antusias untuk belajar. (Pembelajaran inovatif Berorientasi Konstruktivistik).


Menurut J. Maatakupan (1994: 107) “Usia kelas empat merupakan peralihan dari dunia khayal menuju dunia nyata”. Menurut Rusli Lutan (2001: 100) usia-usia sekitar 11 tahun adalah tahap kongrit operasional.Pada tahap ini kemampuan kognitif anak berkembang dan memungkinkan untuk merencana dan melaksanakan gagasan kongrit.

Pada usia kelas V dan VI mulai kelihatan bahwa anak perempuan selalu mencari teman sesama perempuan. Ototnya semakin besar dan kekuatannya semakin besar.Masih memerlukan latihan koordinasi untuk otot-otot kecil.Pertumbuhan anak cepat.Perkembangan jantung dan paru- parunya tidak lama dengan pertumbuhan fisiknya.Mulai kelihatan perhatiannya.Anak kecil suka pada permainan yang berbahaya dan tantangan kepada dirinya (Harsuki, 2003: 78-79).

Karakteristik fisiologi anak kelas 5 dan 6 sekitar usia 11 dan 12 tahun. Menurut Annarino Cowel dan Hazelton yang dikutip oleh Rochman Devi Yusliyanti (2006: 13) disebutkan bahwa, otot penunjang lebih berkembang dari usia sebelumnya. Makin menyadari keadaan tubuh sendiri.Perbedaaan anak laki-laki dan perempuan makin tampak jelas.Penampilan tubuhya tampak sehat dan kuat.Koordinasi geraknya baik.Perkembangan tungkai lebih cepat dari pada anggota badan bagian atas.Kekuatan   otot   anak   laki-laki   dan   perempuan   makin    tampak perbedaannya.Siswa memiliki sifat kejiwaan yang mendukung keterlibatan siswa yang lebih jauh dalam olahraga prestasi.Minat siswa pada olahraga makin tampak.Siswa mulai memahami dan menyadari keadaan dirinya sendiri baik kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki.Mereka memiliki cabang olahraga yang disukai dan menghindari aktifitas yang kurang disukai.Siswa lebih suka permainan yang berbahaya yang merupakan tantangan bagi dirinya.

Jadi siswa kelas 4 adalah siswa dengan rentang 10-11 tahun yang merupakan masa peralihan dari dunia khayal menuju dunia nyata (merupakan tahap kongrit operasional).Siswa kelas 4 adalah siswa dengan rentang umur 10-11 tahun.Minat siswa pada olahraga makin tampak.Mereka sudah memiliki cabang olahraga yang disukai dan menghindari aktifitas yang kurang disukai.Siswa lebih suka permainan aktif dan berbahaya yang merupakan tantangan bagi dirinya.

Daftar Pustaka Makalah Karakteristik Siswa Sekolah Dasar
Rusli Lutan. (2001). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: PP Universitas Terbuka.

J. Matakupan. (1991). Program Pendidikan Usia Sekolah. Bandung: Tri Pitaka.

Rochman Devi Yusliyanti. (2006). Minat Siswa Kelas Atas terhadap Kegiatan Bolavoli. Skripsi. Semarang: UNES.

 

Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Siswa kelas 3 4 5 dan 6 Usia 10 sampai 12 Tahun Rating: 4.5 Posted By: Daud Royyan, M.Pd

1 komentar: