Senin, 30 November 2015

Pengertian Keterampilan dalam Olahraga Definisi Menurut Para Ahli

Pengertian Keterampilan adalah - Aktivitas fisik terutama olahraga sangat membutuhkan keterampilan dalam prakteknya untuk dapat memberikan penampilan yang baik.Menurut Schmidt yang dikutip oleh Amung Ma’mun dan Yudha M. Saputra, (2006: 61), keterampilan merupakan kemampuan untuk membuat hasil akhir dengan kepastian yang maksimum, tetapi dengan pengeluaran energi dan waktu yang minimum.Pada hakikatnya manusia sangat membutuhkan keterampilan dalam kehidupan sehari- hari karena dengan keterampilan manusia dapat menyelesaikan tugas- tugasnya dan dapat mengatasi masalah dalam hidupnya (Amung Ma’mun & Yudha M. Saputra, 2006: 59).


Definisi Keterampilan Menurut Para Ahli

Menurut Amung Ma’mun dan Yudha M. Saputra. (2000: 58), untuk memperoleh tingkat keterampilan diperlukan pengetahuan yang mendasar tentang bagaimana keterampilan tertentu dihasilkan atau diperoleh serta faktor-faktor apa saja yang berperan dalam mendorong penguasaan keterampilan.

Menurut Schmidt yang dikutip oleh Amung Ma’mun dan Yudha M. Saputra, (2000:68),”keterampilan digolongkan menjadi dua, yaitu
  1. keterampilan yang cenderung ke gerak, dan 
  2. keterampilan yang mengarah ke kognitif. 

Dalam keterampilan gerak, penentu utama dari keberhasilannya adalah kualitas dari gerakannya itu sendiri   tanpa memperhatikan persepsi serta pengambilan keputusan yang berkaitan dengan keterampilan yang dipilih, misalnya dalam olahraga lompat tinggi, si pelompat tidak perlu memperhitungkan kapan dan bagaimana harus bertindak untuk melompati mistar tetapi yang dilakukan adalah melompat setinggi dan seefektif mungkin, sedangkan dalam keterampilan kognitif hakekat dari gerak tidak penting, tetapi  keputusan gerakan apa dan yang mana yang harus dibuat merupakan hal yang terpenting.”.

Faktor Keterampilan

Pencapaian suatu keterampilan dipengaruhi oleh banyak faktor yang secara umum dibedakan menjadi tiga hal utama, yaitu
  1. faktor proses belajar mengajar, 
  2. faktor pribadi, dan 
  3. faktor situasional 
(Amung Ma’mun dan Yudha M. Saputra, 2000: 70).

Menurut Sudrajat Prawirasaputra (2000: 19-22), penguasaan keterampilan pada setiap cabang olahraga berlandaskan pada penguasaan keterampilan dasar yaitu keterampilan dasar tersebut  secara umum terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu
  1. keterampilan lokomotor, 
  2. keterampilan non lokomotor, dan 
  3. keterampilan manipulatif.

Berdasarkan beberapa kajian di atas dapat disimpulkan bahwa keterampilan adalah kemampuan untuk mencapai hasil dari suatu penampilan yang dipengaruhi oleh faktor latihan, individu dan situasional.Pada pelakasanaan latihan dibutuhkan keteraturan dan terukur.

Daftar Pustaka Makalah Keterampilan dalam Olahraga

Amung Ma’mun& Yudha M. Saputra. (2000).Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudrajat Prawirasaputra.(2000). Sepak Takraw. Jakarta: Depdikbud. 

Pengertian Keterampilan dalam Olahraga Definisi Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Posted By: Daud Royyan, M.Pd

0 komentar:

Posting Komentar