Minggu, 29 November 2015

Pengertian Permainan Bola Voli Mini dan Ukuran Gambar Lapangan

Pengertian Permainan Bola Voli mini adalah merupakan salah satu materi pembelajaran pendidikan jasmani yang diterapkan di Sekolah Dasar. Permainan bolavoli mini ada perbedaan dengan permainan bolavoli pada umumnya,karena dalam permainan bolavoli mini jumlah pemain yang dibutuhkan dalam satu regu 4 orang pemain dengan 2 orang cadangan dan pertandingan dua set kemenangan, 2-0 atau 2-1 (PP. PBVSI, 1995: 73).


Definisi dan Hakikat Bolavoli Mini

Permainan bola voli mini merupakan pembelajaran pendidikan jasmani yang diterapkan di Sekolah Dasar. Permainan bola voli mini ada perbedaan dengan permainan bola voli, karena pada bola voli mini jumlah pemain yang dibutuhkan dalam satu regu 4 orang pemain dengan 2 orang cadangan. Menurut Tim Bina Karya Guru (2004: 18), lapangan bola voli mini juga ada perbedaan dengan ukuran lapangan bola voli mini pada umumnya, yaitu:
a. Panjang lapangan 12 meter
b. Lebar lapangan 6 meter
c. Tinggi net untuk putra 2,10 meter
d. Tinggi net untuk putri 2 meter
e. Bola yang digunakan adalah nomor 4


Lapangan Bolavoli Mini

Gambar 1. Lapangan Bolavoli Mini
(Sumber: Sri Mawarti, 2009: 71)

Bolavoli mini menurut Depdikbud (1999: 50), adalah permainan bolavoli yang dimainkan di atas lapangan yang kecil dengan 2 sampai 4 orang pemain pada tiap-tiap team dan mempergunakan peraturan yang sederhana. Menurut M Yunus (1992: 188), peraturan permainan bolavoli mini merupakan modifikasi dari peraturan bolavoli yang sesungguhnya. Bolavoli mini dimainkan oleh pemain yang jumlahnya kurang dari 6 orang dalam satu tim, taktik yang sederhana, ukuran lapangan yang lebih kecil, tergantung dari tingkatan umur anak-anak yang memainkan.

Daftar Pustaka Makalah Permainan Bola Voli Mini

PBVSI. (1995). Jenis-jenis Permainan Bola Voli, Jakarta : Sekretariat Umum PP PBVSI.

Tim Bina Karya Guru. (2004). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta: Erlangga

M. Yunus. (1992). Olahraga Pilihan Bolavoli. Jakarta: Depdikbud.

Depdikbud. (1999). Materi Pelatihan Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan SD/Pelatih Klub Olahraga Usia Dini SD. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pengertian Permainan Bola Voli Mini dan Ukuran Gambar Lapangan Rating: 4.5 Posted By: Daud Royyan, M.Pd

0 komentar:

Posting Komentar