Selasa, 08 Desember 2015

Pengertian Ketepatan Servis Mnfaat Tujuan Dalam Bola Voli Definisi Menurut Para Ahli

Pengertian Ketepatan adalah Secara garis besar dalam permainan bolavoli ketepatan  sangatlah diperlukan misalnya dalam servis, seorang pemain harus bisa menempatkan servisnya ke daerah lawan yang kosong atau pada pemain yang lemah dalam melakukan passing sehingga lawan akan sulit menerima servis. Menurut Suharno HP (1983: 35), ketepatan ialah kemampuan seseorang untuk mengarahkan sesuatu gerak ke suatu sasaran dengan tujuannya. Pendapat lain menurut Sanjoto yang dikutip oleh Soleh (2007: 6), bahwa ketepatan adalah kemampuan seseorang dalam mengendalikan gerak-gerak bebas terhadap suatu sasaran. Ketepatan merupakan faktor yang diperlukan seseorang untuk mencapai target yang diinginkan.

Definisi Ketepatan Servis dalam Bola Voli

Ketepatan servis merupakan faktor penting dalam permainan bolavoli. Menurut Sukadiyanto (1996: 102-104), ada beberapa faktor yang mempengaruhi ketepatan, antara lain tingkat kesulitan, pengalaman, jenis keterampilan, perasaan dan kemampuan mengantisipasi gerak. Ketepatan dalam melakukan melakukan servis sangatlah di perlukan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi ketepatan salah satunya faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam subyek sehingga dapat dikontrol oleh subyek dan faktor eksternal yaitu faktor dari luar diri subyek yang tidak dapat dikontrol oleh diri subyek.

Menurut Suharno HP (1983: 33), bahwa faktor-faktor penentu baik tidaknya ketepatan (accuracy) ialah :
  1. Koordinasi tinggi berarti ketepatan tinggi, kolerasinya sangat positif
  2. Besar dan kecilnya (luas dan sempitnya) sasaran
  3. Ketajaman indra dan pengaturan syarat
  4. Jauh dan dekatnya bidang sasaran
  5. Penguasaan teknik yang benar akan mempunyai sumbangan baik terhadap ketepatan mengarahkan gerakan
  6. Cepat lambatnya gerakan yang akan dilakukan
  7. Felling dari anak latih serta ketelitian
  8. Kuat dan lemahnya suatu gerakan Ciri-ciri ketepatan :
    • Harus ada target tertentu untuk sasaran gerak
    • Kecermatan / ketelitian gerak dapat menonjol kelihatan  dalam gerak (ketenangan)
    • Adanya    suatu    penilaian    dalam    target    dan    latihan mengarahkan gerakan secara teratur dan terarah.

Menurut Suharno HP (1992: 32), ketepatan adalah kemampuan dari seseorang untuk mengarahkan bola pada posisi dan arah yang sesuai dengan situasi yang dihadapi dan dikehendaki. Sedangkan menurut Menurut Josep Nosek yang dikutip oleh Unggul (2009 : 15), ketepatan adalah kecakapan dalam menciptakan gerak laju bola untuk dipergunakan dengan pantas dan diterapkan dengan cepat dan sesuai dengan keperluan dan sesuai dengan arah yang dikehendaki.

Latihan ketepatan merupakan bagian integral bagi pemain yang berhasil menempatkan bola tepat ke sasaran dan membantu dalam menampilkan berbagai servis dalam bolavoli. Dalam cabang olahraga bolavoli, ketetapan merupakan salah satu komponen yang penting untuk dikembangkan. Dijelaskan dalam pengetahuan tentang  bolavoli bahwa  dalam  permainan  bolavoli,  ketepatan  dan  bergerak  cepat ke semua arah lebih penting dari pada hanya reflek dan berlari mengejar jatuhnya bola (Pranatahadi, 2007: 34).

Dari berbagai pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa ketepatan adalah kemampuan seseorang untuk menentukan dan mengubah arah bola dengan tepat dan cepat, pada waktu bola sedang bergerak tanpa kehilangan arah sehingga penempatan bola dan tujuan jatuhnya bola yang diharapkan.

Manfaat Ketepatan

Ketepatan ialah kemampuan seseorang untuk mengarahkan sesuatu gerak ke suatu sasaran dengan tujuannya. Menurut Sanjoto yang dikutip oleh Soleh (2007: 6), bahwa ketepatan adalah kemampuan seseorang dalam mengendalikan gerak-gerak bebas terhadap suatu sasaran.Ketepatan merupakan faktor yang diperlukan seseorang untuk mencapai target yang diinginkan. Menurut Poerwadarminto (1979: 1055), ketepatan dapat diartikan sebagai ketelitian atau kejutan. Menurut Mochamad Sajoto (1988: 59), ketepatan adalah kemampuan dalam mengendalikan gerak-gerak  bebas terhadap suatu sasaran. Ketepatan merupakan faktor yang diperlukan seseorang untuk mencapai target yang diinginkan.

Jadi ketepatan adalah kemampuan seseorang untuk menentukan dan mengubah arah bola dengan tepat dan cepat, pada waktu bola sedang bergerak tanpa kehilangan arah sehingga penempatan bola dan tujuan jatuhnya bola yang diharapkan.  Sehingga kita mudah untuk menentukan target sasaran dalam servis atas bola voli dan bisa dengan mudah untuk mendapatkan point.

Tujuan Ketepatan

Latihan juga dapat mempengaruhi kemampuan ketepatan seseorang. Menurut Suharno HP (1992: 56), ciri-ciri latihan untuk ketepatan antara lain: “1) harus ada sasaran yang dituju gerakan tersebut, 2) kecermatan atau ketelitian dalam melakukan gerakan, 3) waktu pelaksanaan tertentu sesuai dengan peraturan, 4) adanya suatu evaluasi atau penilaian dalam latihan”. Jadi dalam latihan untuk meningkatkan ketepatan servis harus ada sasaran yang digunakan, dan disini sasaran yang digunakan adalah lapangan yang dibagi dengan garis dan di daerah yang dibagi tersebut diberi nilai atau skor untuk menilai kemampuan servis dari siswa. Menurut Mochamad Sajoto (1988: 59), ketepatan adalah kemampuan dalam mengendalikan gerak-gerak bebas terhadap suatu sasaran. Ketepatan merupakan  faktor yang diperlukan seseorang untuk mencapai target yang diinginkan. Ketepatan berhubungan dengan keinginan untuk memberikan arah kepada sasaran dengan maksud dantujuan tertentu.

Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan ketepatan servis atas dapat dilatih dengan cara-cara yang telah diutarakan diatas. Agar baik dalam menempatkan bola ke daerah lawan yang sulit dijangkau lawan atau pemain yang    memiliki kemampuan servis yang lemah sehingga akan menghasilkan poin bagi regunya. Jadi ketepatan sangat besar pengaruhnya untuk memperoleh poin dengan menentukan target sasarannya. Karena ketepatan melempar adalah kemampuan seseorang melakukan lemparan menuju sasaran yang dilihat dan mengenai sasaran tersebut pada jarak lempar tertentu.

Daftar Pustaka Makalah Ketepatan dalam Permainan Bola Voli
Suharno, H. P. 1981. Metodik Melatih Permainan Bolavoli. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Soleh  Hartadi.  2007.  Kontribusi  Kekuatan  Otot  Lengan  dan  Koordinasi Mata Tangan dengan Ketepatan Servis Atlet Bolavoli Yunior di Klub Bolavoli Yuso Yogyakarta. Skripsi.

Sukadiyanto. (2002). Teori Dan Metodologi Melatih Fisik Tenis.Yogyakarta: FIK UNY.

Sajoto.1988.Penguatan dan Pembinaan Kondisi Fisik. Semarang: IKIP Semarang.

Poerwodarminto. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 


Nossek, J. (1982). General Theory of Training. National Institut For Sports, Pan African Press Ltd, Lagos.

Pengertian Ketepatan Servis Mnfaat Tujuan Dalam Bola Voli Definisi Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Posted By: Daud Royyan, M.Pd

2 komentar:

  1. kak punya buku Suharno, H. P. 1981. Metodik Melatih Permainan Bolavoli. kalo ada bantu saya kak. ni pin saya 572eef8b

    BalasHapus
  2. kak punya buku Suharno, H. P. 1981. Metodik Melatih Permainan Bolavoli. kalo ada bantu saya kak. ni pin saya 572eef8b

    BalasHapus