Selasa, 08 Desember 2015

Perngertian Servis Atas Dalam Permainan Bola Voli Manfaat Tujuan dan Definisi Menurut Para Ahli

Perngertian Servis Atas adalah - Diantara teknik-teknik yang terdapat dalam permainan bola voli. Servis merupakan salah satu teknik yang sangat penting. Hal ini dikarenakan servis merupakan salah sat teknik yang digunakan untuk mengawali sebuah pertandingan dan dalam perkembangannya servis juga dapat dijadikan sebagai suatu serangan awal bagi tim atau regu yang melakukan servis.


Definisi Servis Menurut Para Ahli

Servis adalah tanda dimulainya suatu pertandingan yang dilakukan salah satu regu. Menurut M. Yunus (1992: 67), bahwa servis adalah tindakan dalam menghidupkan bola ke dalam permainan yang dilakukan oleh pemain belakang, yang memukul bola dengan tangannya (terbuka atau tertutup), untuk dilanjutkan ke dalam petak lawan melalui atas net. Pukulan servis dilakukan pada permulaan dan setelah terjadinya setiap kesalahan. Beberapa bentuk servis adalah servis atas dan servis bawah. Menurut Aip dan Muhadi (1992: 183), servis adalah permulaan yang dilakukan oleh pihak yang berhak melakukan   servis   untuk   memulai   menghidupkan   bola   ke dalam permainan. Pendapat lain mengemukakan bahwa servis adalah  pukulan bola yang dilakukan dari belakang garis akhir lapangan permainan melampaui net ke daerah permainan lawan (Nuril Ahmadi, 2007: 20). Sekarang ini servis tidak hanya membuat bola melewati net tetapi merupakan sebuah serangan untuk meraih poin seperti yang dikemukakan oleh Suharno HP (1981: 40) servis adalah sebagai tanda mulainya permainan dan sebagai suatu serangan pertama kali bagi suatu regu.

Dari pendapat yang dikemukakan para ahli dapat ditarik kesimpulan bahwa Servis merupakan awal dimulainya suatu pertandingan untuk memperoleh nilai oleh seorang pemain. Tujuan melakukan servis yaitu semaksimal mungkin mengarahkan dan menjatuhkan bola pada area lawan yang kosong atau terlihat lemah, sehingga tidak bisa diterima pemain lawan. Serangan servis tidak hanya sekedar memukul bola dengan keras atau membuatnya mengambang tetapi penempatan strategis dari servis itulah yang penting. Servis tidak hanya sebagai tanda untuk memulai suatu pertandingan tetapi merupakan serangan awal dengan penempatan yang akurat dari satu titik untuk memperoleh nilai.

Teknik servis atas (overhead service) ada berbagai macam. Menurut Suharno HP (1979: 25-28), teknik sevis atas (overhead service) ada beberapa macam diantaranya adalah servis     floating, top spin  dan  servis  cekis.  Dari  macam-macam  servis  atas     (overhead service) tersebut yang paling poupuler atau sering digunakan sekarang ini adalah servis floating atau servis mengambang. Karena servis ini mudah dilakukan dan sulit untuk diterima lawan.

Servis mengambang (floating service) merupakan salah satu dari teknik servis atas. Servis mengambang adalah servis yang dilakukan dengan awalan bola dipegang setinggi kepala, lengan hampir lurus kemudian lengan yang memukul ada dalam posisi lurus atau ditekuk sedikit ditarik ke belakang sebelum melempar bola (http://warnadunia.com/olah-raga-bola-voli). Menurut Nuril Ahmadi (2007: 21), disebut servis mengambang karena gerakan bola dari hasil pukulan servis tidak mengandung putaran (bola berjalan mengapung atau mengambang). Kelebihan servis mengambang adalah bola sulit diterima oleh pemain lawan karena bola tidak bergerak dalam satu lintasan turun dan kecepatan bola tidak teratur. Di samping itu  gerakan bola melayang ke kiri dan ke kanan atau ke atas dan kebawah sehingga datangnya bola sulit diprediksi pemain lawan dan apabila daya dorong dari pukulan habis akan jatuh tiba-tiba. Kelemahannya adalah tidak bertenaga, terkadang bola bergerak terlalu ke atas sehingga keluar lapangan. Sedangkan menurut Sue Gozansky yang dikutip oleh Unggul (2009: 17), servis floating adalah bola  mengapung di udara dan bergerak dari satu sisi yang satu ke sisi yang lain atau langsung mendarat ke lantai.

Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan servis atas yaitu :
  1. Berkonsentrasilah saat melakukan servis
  2. Lambungkan ke atas sesuai kebutuhan
  3. Saat kapan harus memukul
  4. Bola yang dipukul harus sampai ke daerah lawan
  5. Usahakan bola servis dilakukan dengan cepat, keras dan tepat
  6. Melihat dan mempelajari pemain lawan yang lemah terhadap pukulan servis
  7. Arahkan bola pada posisi daerah yang kosong.

Berikut adalah tahap-tahap dalam melakukan gerakan servis mengambang (floating service) menurut Nuril Ahmadi (2007 : 21) :
a)    Persiapan (bagi yang tidak kidal)
  1.  Berdiri di luar garis belakang dengan kaki kiri di depan atau bisa juga dengan kaki kanan.
  2. Tangan kiri memegang bola dan tangan kanan dengan telapak tangan terbuka siap memukul bola.
  3. Bola dilambungkan dengan tangan kiri, lambungan bola lebih tinggi dari kepala.
  4. Tangan kanan ditarik kea rah ke belakang atas kepala.

b)    Pelaksanaan
  1.  Pukul bola di depan atas kepala, dengan cara mendorong, daya dorong tangan terhadap bola harus memotong garis tengah bola.
  2. Pukul bola tanpa atau dengan sedikit spin, bila menghendaki tanpa putaran maka pergelangan tangan harus direnggangkan.
  3. Pengenaan tangan pada bola adalah pada telapak tangan  gerak lanjutan.
  4. Teruskan perpindahan berat badan ke depan dengan cara melangkahkan kaki belakang (kanan) ke depan.
  5. Jatuhkan lengan pemukul dengan perlahan sebagai gerak lanjutan.
  6. Segera masuk lapangan permainan.

c)    Gerak Lanjut
  1. Langkahkan kaki belakang (kakan) ke depan.
  2. Jatuhkan lengan pemukul dengan perlahan.
  3. Bergerak ke dalam lapangan.

Servis Atas Dalam Permainan Bola Voli
Gambar . Servis atas floating atau mengambang

Manfaat Servis Atas

Menurut Aip dan Muhadi (1992: 183), servis adalah permulaan yang dilakukan oleh pihak yang berhak melakukan servis untuk memulai menghidupkan bola ke dalam permainan. Pendapat lain mengemukakan bahwa servis adalah pukulan bola yang dilakukan dari belakang garis akhir lapangan permainan melampaui net ke daerah permainan lawan (Nuril Ahmadi, 2007 : 20). Sekarang ini servis tidak hanya membuat bola melewati net tetapi merupakan sebuah   serangan untuk meraih poin seperti yang dikemukakan oleh Suharno HP  (1981:40) servis adalah sebagai tanda mulainya permainan dan sebagai suatu serangan pertama kali bagi suatu regu.

Tujuan Servis Atas

Mula-mula servis hanya berperan sebagai pelayanan saja untuk memulai pertandingan, akan tetapi seiring perkembangan bolavoli sekarang ini servis bisa merupakan serangan awal untuk mendapat nilai agar suatu regu memperoleh kemenangan (M. Yunus, 1992: 69). Oleh karena itu servis harus dilakukan dengan keras dan terarah dengan tujuan agar tidak bisa diterima oleh lawan yang berarti pihak pemegang servis mendapatkan angka.

Daftar Pustaka Makalah  Servis Atas Dalam Permainan Bola Voli

Aip Syarifudin dan Muhadi. (1992). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta : Depdikbud Dirjen Perguruan Tinggi.

M. Yunus. 1992. Olahraga Pilihan Bolavoli.Jakarta: Dekdikbud.

Nuril Ahmadi. 2007. Panduan Olahraga Bolavoli. Surakarta: Pustaka Utama.

Suharno, H. P. 1981. Metodik Melatih Permainan Bolavoli. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Perngertian Servis Atas Dalam Permainan Bola Voli Manfaat Tujuan dan Definisi Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Posted By: Daud Royyan, M.Pd

0 komentar:

Posting Komentar